rss_feed

Tiyuh Sido Makmur

Jl. Raya Sido Makmur
Kecamatan Batu Putih Kabupaten Tulang Bawang Barat Provinsi Lampung , Kode Pos 34785

mail_outline sidomakmur092002@gmail.com

Hari Libur Nasional
Hari Proklamasi Kemerdekaan R.I.
  • REDI AFRIZAL

    Kepala Desa

    Tidak Ada di Kantor
  • MASKUR ZAELANI

    Sekretaris Desa

    Tidak Ada di Kantor
  • Y. WAHYUDI

    Kaur Keuangan

    Tidak Ada di Kantor
  • SITI AISAH

    KAUR PERENCANAAN

    Tidak Ada di Kantor
  • JULI YADI

    Kaur Tata Usaha

    Tidak Ada di Kantor
    Login Terakhir:
    01 Juli 2024 20:48:46
  • RISTIAN SUSANDI

    Kasi Pemerintahan

    Tidak Ada di Kantor
  • TULUS SANTOSO

    Kasi Kesejahteraan

    Tidak Ada di Kantor
  • KRISNA WATI

    Kasi Pelayanan

    Tidak Ada di Kantor
  • DEFRI MANSYAH

    KEPALA SUKU 01

    Tidak Ada di Kantor
  • AGUS SAPUTRA

    KEPALA SUKU 02

    Tidak Ada di Kantor
  • M.ALI

    KEPALA SUKU 03

    Tidak Ada di Kantor
  • SUGENG SUBAGIYO

    KEPALA SUKU 04

    Tidak Ada di Kantor
  • HERI CANDRA

    KEPALA SUKU 05

    Tidak Ada di Kantor

settings Pengaturan Layar

SELAMAT DATANG DI WEBSITE TIYUH SIDO MAKMUR
Bulan Ini
Kelahiran
0 Orang
Kematian
0 Orang
Masuk
1 Orang
Pindah
0 Orang
Bulan Lalu
Kelahiran
0 Orang
Kematian
0 Orang
Masuk
0 Orang
Pindah
0 Orang

0

Hari Ini

0

Kemarin

0

Minggu Ini

0

Bulan Ini

0

Bulan Lalu

0

Tahun Ini

2

Tahun Lalu

51

Total
fingerprint
Visi Misi Tiyuh Sido Makmur Tahun 2021-2027

19 Juli 2022 12:56:37 15 Kali

VISI DAN MISI TIYUH TAHUN 2021-2027

 

LANDASAN FILOSOFIS PEMBANGUNAN

Pembangunan pada dasarnya dilakukan dengan tujuan untukmenciptakan kondisi atau keadaan yang lebih baik dari pada kondisi atau keadaan sebelumnya. Pelaksanaan pembangunan menjadi kewajiban bagi pemerintah, baik dari Pusat maupun Daerah hingga ke tingkat Tiyuh dan harus terintegrasi antar tingkatan pemerintahan. Bahwa Tiyuh adalah tingkatan pemerintahan terendah dalam sistem pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia, maka pembangunan Tiyuh harus menjadi fokus dari pembangunan nasional.

 

Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 114 Tahun 2014 tentang Pedoman Pembangunan Desa memberikan pedoman perencanaan yang terintegrasi dan tersinergi antar ruang, waktu dan fungsi pemerintahan Tiyuh. Pemerintah Tiyuh Sido makmur  dalam rangka melakukan perencanaan pembangunan telah berusaha untuk mengikuti regulasi yang berlaku sehingga tercipta perencanaan pembangunan yang baik. Perencanaan yang baik akan memberikan arah dan pedoman bagi pelaksanaan dan evaluasi pembangunan. Pada sisi lain juga berkembang penganggaranberbasis kinerja, oleh karena itu aspek perencanaan harus menyatu dengan penganggaran untuk mendapatkan keterpaduan yang berdayaguna dan berhasil guna dari setiap program dan kegiatan yang dilaksanakan.

 

VISI PEMBANGUNAN TIYUH

 

Visi pembangunan Tiyuh adalah suatu gambaran yang menantang tentang kondisi Tiyuh yang diinginkan pada akhir periode perencanaan pembangunan Tiyuh yang direpresentasikan dalam sejumlah sasaran hasil pembangunan yang dicapai melalui berbagai strategi, kebijakan, program, dan kegiatan pembangunan Tiyuh dengan melihat petensi dan kebutuhan Tiyuh. Penetapan visi pembangunan Tiyuh, sebagai bagian dari perencanaan strategis pembangunan Tiyuh, merupakan suatu langkah penting dalam perjalanan pembangunan suatu Tiyuh mencapai kondisi yang yang diharapkan.

Visi Pembangunan Tiyuh Sido makmur  Tahun 2021-2027 disusun berdasarkan pada sumber utama dari visi dan misi Kepalo Tiyuh yang telah terpilih melalui proses Pemilihan Kepalo Tiyuh secara langsung yang saat ini sedang menjabat. Visi dan Misi dalam RPJMTiyuh ini ditetapkan untuk Tahun 2021-2027, yang dilakukan dengan pendekatan partisipatif, melibatkan pihak-pihak yang berkepentingan di Tiyuh Sido makmur  seperti Pemerintah Tiyuh, BPT, Lembaga Kemasyarakatan (RT,Karang Taruna, PKK dll) tokoh masyarakat, tokoh agama, dan masyarakat Tiyuh pada umumnya. Serta pertimbangan kondisi eksternal di Tiyuh seperti satuan kerja wilayah pembangunan di kecamatan. Namun demikian dapat dimungkinkan apabila Kepalo Tiyuh terpilih dalam Pemilihan Kepalo Tiyuh yang akan dilaksanakan dalam kurun waktu tahun 2021-2027 akan merubah Visi dan Misi yang disesuaikan dengan Visi dan Misi yang bersangkutan.

 

Visi pembangunan Tiyuh Tahun 2021-2027 ini disusun dengan memperhatikan/mengacu visi pembangunan daerah yang termuat dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Tulang Bawang Barat Tahun 2021-2027 (Peraturan Daerah KabupatenTulang Bawang Barat Nomor 11 Tahun 2017), yakni Tulang Bawang Barat Maju, Sejahtera, dan Berdaya Saing''. Maka berdasarkan pertimbangan diatas Visi Tiyuh Sido makmur  Tahun 2021-2027 adalah :

Mewujudkan Tiyuh Sido makmur  yang  Membangun Menuju tiyuh yang Sejahtera“.

Secara khusus, dijabarkan makna dari visi pembangunan Tiyuh yang sangat diperlukan untuk membangun kesamaan persepsi, sikap (komitmen), dan perilaku (partisipasi) segenap pemangku kepentingan (stakeholders) dalam setiap tahapan proses pembangunan selama limatahun kedepan.

Membangun  Adalah Tiyuh Membangun memiliki banyak keunggulan karena warga Tiyuh menjadi terlibat dalam proses membangun Tiyuhnya. Paradigma ini memungkinkan warga Tiyuh menentukan sendiri prioritas dan visi pembangunannya sendiri karena keputusannya dilakukan dalam Musyawarah Tiyuh. Meski sama-sama membangun ruas jalan atau infrastruktur misalnya, hasilnya bakal berbeda karena partisipasi warga Tiyuh bakal membuat manfaat program menjadi jauh lebih besar.

Kedua, masyarakat Tiyuh terdorong menjadi mandiri dalam merumuskan langkahnya membangun kesejahteraan Tiyuh. Warga juga menjadi jauh lebih bersemangat menjalankan pembangunan Tiyuh nya karena mereka memiliki hak dan wewenang menentukan apa yang Tiyuh mereka butuhkan.  Apalagi kini mereka bisa mengelola potensinya secara Swakelola. Cara ini bisa menciptakan efisiensi tinggi. Kini pembangunan Tiyuh juga sudah tidak identik dengan pembangunan fisik lagi. Selama ini pembangunan selalu diartikan sebagai pembangunan fisik. Soalnya program fisik lebih gampang terlihat dan menimbulkan nilai proyek tertentu sehingga bisa menjadi sumber pendapatan bagi pihak yang mengerjakannya Kini persepsi itu mulai bergeser. Pembangunan sudah dipahami sebagai langkah yang juga melingkupi masalah pemberdayaan sumber daya sehingga program-program penguatan kapasitas SDM yang dahulu dianggap tak penting kini sudah mulai dianggap agenda prioritas yang layak didahulukan.

 

Sejahtera yaitu konsep sejahtera menunjukkan kondisi kemakmuran suatu masyarakat, yaitu masyarakat yang terpenuhi kebutuhan ekonomi (materiil) maupun sosial (spirituil), dengan kata lain kebutuhan dasarmasyarakat telah terpenuhi secara lahir bathin secara adil dan meratadengan menititik beratkan pada peningkatan kwalitas sumberdaya manusia yang berdaya saing dan berdaya guna dan meningkatan pembangunan yang difokuskan pada pembangunan perekonomian Tiyuh yang berbasis pada potensi Tiyuh yang berdaya jual dan berdaya saing.

 

Adapun indikator secara ilmiah adalah tercapainya pertumbuhan ekonomi yang berkualitas dan berkesinambungan sehingga meningkatkan pendapatan perkapita pada tingkat yang tinggi, menurunnya tingkat pengangguran, menurunnya jumlah penduduk miskin, terbangunnya struktur perekonomian yang kokoh berlandaskan keunggulan kompetitif, meningkatnya kualitas sumber daya manusia yang ditandai terpenuhinya hak sosial masyarakat mencakup akses pada pelayanan dasar sehingga mampu meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM), meningkatkan perlindungan dan kesejateraan sosial, keluarga kecil berkualitas, pemuda dan olah ragaserta meningkatkan kualitas kehidupan beragama; meningkatnya peranan perempuan dalam pembangunan, tersedianya infrastruktur yang memadai, meningkatnya profesionalisme aparatur pemerintah untuk mewujudkan tata pemerintahan yang baik, bersih, berwibawa dan bertanggungjawab yang mampu mendukung pembangunan Tiyuh.

 

MISI PEMBANGUNAN TIYUH

 

Misi pembangunan Tiyuh adalah sesuatu yang diemban atau dilaksanakan oleh pemerintah Tiyuh, sesuai visi pembangunan Tiyuh yang telah ditetapkan, agar tujuan pembangunan Tiyuh dapat terlaksanadan berhasil dengan baik sesuai dengan yang diharapkan. Dalam rangka memberikan kemudahan bagi penyelenggaraan pembangunan dan pemerintahan, maka misi pembangunan Tiyuh Sido makmur  Kecamatan Batu Putih Kabupaten Tulang Bawang Barat Tahun 2021-2027 dapat dirumuskan sebagai berikut:

Mewujudkan Masyarakat tiyuh sido makmur yang membangun

Misi :

  1. Meningkatkan pembangunan insfratruktur Tiyuh
  2. Meningkatkan peran serta masyarakat dalam berswasembada membangun tiyuh
    1. Mewujudkan tiyuh sido makmur yang sejah tera

Misi:

Pemerintahan

Menciptakan system pemerintahan yang baik dan demokratis

Kemasyarakatan

  • Peningkatan dan pengembangan usaha kecil dan menengah
  • Menjaga dan memelihara ketentraman, ketertiban, dan kerukunan warga
  • Mewujudkan keluarga sehat sejahtera melalui peran aktif ibu-ibu PKK, Posyandu, dan organisasi lainnya.
  1. Pemberdayaan
  • Peningkatan kapasitas sumber daya aparatur
  • Mewujudakan masyarakat yang terampil dan terlatih;
  1. Penanggulangan bencana, keadaan darurat dan mendesak
  • penanggulangan bencana;

menyelenggaran penanggulangan bencana berdasarkan kepada peraturan perundang-undangan yang berlaku,

  • keadaan darurat;

menganalisa keadaan darurat untuk mengantisipasi berbagai permasalahan yang muncul.

  • keadaan mendesak.

menganalisa laporan yang disampaikan oleh masyarakat, apabila terdapat beberapa masalah yang mendesak harus secepatnya diatasi oleh Pemerintah Tiyuh.

 

TUJUAN PEMBANGUNAN TIYUH

Tujuan pembangunan Tiyuh Sido makmur  Tahun 2021-2027 adalah sebagai

berikut:

  1. Terwujudnya peningkatan kualitas sumber daya manusia.
  2. Meningkatnya pembangunan prasarana dan sarana Tiyuh.
  3. Terciptanya sistem pemerintahan yang baik dan demokratis.
  4. Terciptanya masyarakat yang aman dan tenteram.

 

SASARAN PEMBANGUNAN TIYUH

 

Sasaran pembangunan Tiyuh Sido makmur  Tahun 2021-2027 adalah sebagai berikut:

Misi Pertama : Membangun

  • Terbangunya jaringan infrastruktur yang andal sehingga dapat meningkatkan aksesibilitas dan mobilitas faktor-faktor yang mendukung berkembangnya aktivitas produksi dan mampu membuka isolasi Tiyuh serta membentuk kawasan-kawasan pertumbuhan baru,
  • Meningkatnya pertumbuhan ekonomi masyarakat yang berdampak pada peningkatan pendapatan masyarakat sehingga terwujud masyarakat yang sejahtera.
  • Membaiknya struktur perekonomian yang kokoh berlandaskan keunggulan kompetitif sektor basis ekonomi Tiyuh sehingga mampu menghasilkan komoditi berkualitas, berdaya saing, menjadi motor penggerak perekonomian.
  • Terpenuhi dan meratanya kebutuhan prasarana dan sarana pelayanan dasar di seluruh wilayah Tiyuh dalam rangka peningkatan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat.
  • Makin optimalnya pemanfaatan sumber daya alam, aset dan produk Tiyuh yang berdaya saing tinggi sebagai sumber sumber kekayaan Tiyuh.
  • Meningkatnya kualitas dan kuantitas pembangunan yang berorientasi tata ruang, serta mengurangi resiko bencana alam.
  • Meningkatnya pengelolaan sumber daya alam yang berorientasi pada pelestarian lingkungan hidup.
  • Meningkatnya peran aktif BPT, LPMT, Suku/RT, Tokoh masyarakat, dan masyarakat pada umumnya dalam pembangunan Tiyuh.

 

Misi Kedua : Sejahtera

 

  • Meningkatnya kinerja penyelenggaraan tata pemerintahan yang baik dan bersih.
  • Meningkatnya profesionalisme aparatur Tiyuh.
  • Meningkatnya kualitas pelayanan publik sesuai dengan standar mutu pelayanan yang berorientasi pada terciptanya kepuasan masyarakat.
  • Berkembangnya Industri kecil masyarakat.
  • Meningkatnya pendapatan masyarakat yang akan berimbas pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.
  • Meningkatnya kesadaran, sikap mental, dan perilaku masyarakat dalam menjaga dan memelihara ketentraman, ketertiban, dan kerukunan warga.
  • Meningkatnya kesadaran dan kepatuhan masyarakat dalam melaksanakan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku,
chat
Kirim Komentar

Untuk artikel ini

person
stay_current_portrait
mail
chat

reorder Peta Tiyuh

assessment Statistik

account_circle Pemerintah Tiyuh

folder Arsip Artikel


map Wilayah Tiyuh

Alamat : Jl. Raya Sido Makmur
Tiyuh : Sido Makmur
Kecamatan : Batu Putih
Kabupaten : Tulang Bawang Barat
Kodepos : 34785
Telepon :
No. HP :
Email : sidomakmur092002@gmail.com

message Komentar Terkini

insert_photo Galeri

contacts Media Sosial

assessment Statistik Pengunjung

Hari ini : 106
Kemarin : 20
Total Pengunjung : 31.574
Sistem Operasi : Unknown Platform
IP Address : 3.15.137.132
Browser : Mozilla 5.0